Perusahaan Apple digugat oleh Pengacara Korea Selatan, Kim Hyung Suk !!

Perusahaan teknologi Apple terpaksa membayar dana kompensasi sebesar US$950 (Rp8,1 juta) kepada seorang pengacara Korea Selatan (Korsel) yang terganggu dengan fitur pelacak pada iPhone miliknya. Kasus gugatan ini adalah yang pertama kalinya menimpa perusahaan raksasa asal Amerika Serikat tersebut.

Pengacara bernama Kim Hyung-Suk tersebut mengajukan gugatan ke pengadilan Korsel 26 April silam. Alasannya, rekaman lokasi yang disimpan oleh fitur pelacak iPhone dianggap melanggar privasi dan kebebasannya, sehingga dia mengalami tekanan psikologis.

Kim menuntut sebesar 1 juta won Korea (Rp8,1 juta) pada Apple. Pengadilan memenangkan kasus ini dan meminta tergugat membayar sejumlah uang atas pelanggaran privasi. “Mengumpulkan data lokasi tanpa persetujuan pengguna iPhone merupakan suatu tindak pelanggaran hukum yang sangat nyata,” kata Kim sebagaimana dilansir dari kantor berita Yonhap, Jumat, 15 Juli 2011.

Kim juga membuat situs khusus untuk mengajak warga Korsel mengajukan tuntutan yang sama. Namun, hanya sekitar 300 orang saja yang menyatakan akan menuntut. Padahal, Korsel memiliki lebih dari tiga juta pengguna iPhone.

Untuk diketahui, data lokasi pengguna iPhone akan disimpan dalam bentuk file ‘consolidated.db‘ yang tidak dapat dienkripsi. Data ini dikhawatirkan dapat disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Pihak Apple berdalih ada semacam bug yang menyebabkan perangkat iPhone menyedot lebih banyak data dari yang diperlukan. Apple berjanji akan melakukan pembaruan perangkat lunak pada sistem operasi 5 yang akan segera dirilis. (eh)

CRE : VIVANEWS

This entry was posted in News. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s